Air Terjun Sedudo

Diracik oleh Unknown | Label: | Pada Kamis, 14 April 2011 pukul 17.27

Air terjun sedudo merupakan sebuah objek wisata yang terletak di desa Ngliman kecamatan Sawahan kabupaten Nganjuk, Jawa timur. Jaraknya sekitar 30 km ke arah selatatan ibu kota Nganjuk ,Air Terjun Sedudo ini berada pada ketinggian 1,438 meter dan ketinganan air terjun nya mencapai sekitar 105 meter wowww kebayang ngak??? tempat wisata ini memiliki panorama alam yang cukup indah dan jalur transportasi yang menuju wisat tersebut terbilang mudah untuk ditempuh. Jadi kita tidak kerepotan dengan jalan yang berliku dan berbelok dan berlumpur seperti tempat wisata lainnya.

Masyarakat setempat sekitar wisata juga masih mempercayai bahwa air terjun ini memiliki nilai spiritual,di imbangi dengan lokasi wisata alam ini ramai dikunjungi orang pada bulan suro (bulan muharam) ,konon katanya mitos yang ada sejak zaman majapahit, pada bulan tersebut membawa berkah awet muda bagi orang yang mandi di air terjun sedudo. Setiap tahun baru jawa air terjun sedudo dipergunakan untuk upacara ritual, yaitu memandikan pusaka dalam acara siraman yang kemudian sisa airnya dipercikan untuk keluarga agar mendapatkan berkah keselamatan dan awet muda .Hingga sekarang pihak pemkab nganjuk secara rutin melaksanan acara ritual mandi sedudo setiap tanggal 1 suro.

Pada hari biasa tempat ini dikunjungi oleh hampir ratusan wisatawan yang ternyata tidak hanya berasal dari indonesia saja melainkan dari negara negara lain,tidak sedikit juga pelajar yang menjadikan tempat ini sebagai tempat study alam mereka dan tem[pat pacaran . karena tempat ini masih memiliki lingkungan yang asri dan alami.nah.....bagi kalian yang tidak punya tempat tujuan untuk menghabiskan waktu liburan, air terjun sedudo ini bisa menjadi salah satu alternative tempat yang bisa anda kunjungi,tempatnya sangat sejuk jadi pas banget untuk sarana refreshing.

By:sare bembenk KOPI

Celoteh:

Ada 0 celoteh untuk Air Terjun Sedudo

Posting Komentar

redaksi kopi. Diberdayakan oleh Blogger.