Kartini, Sosok Wanita Indonesia

Diracik oleh Unknown | Label: | Pada Rabu, 20 April 2011 pukul 23.19

Raden Ajeng Kartini sesosok wanita yang lahir di Jepara pada tanggal 21 April 1879. Beliau merupakan anak dari pasangan Bupati Jepara yang bernama Raden Mas Adipati Aryo Sastro Ningrat dan Ibu M.A. Ngasira. Beliau merasa simpatik dengan keadaan wanita pada masa itu karena tidak boleh bersekolah terlalu tinggi, bekerja, dan banyak lagi yang dianggap tabu untuk dilakukan. Yah memang begitulah kira-kira keadaan orang jaman dulu yang masih khas dengan pemikiran yang kolot. Beliau merasa terpanggil atas keadaan tersebut dan mendirikan sekolah di kediamannya, di Jepara. Dengan dibantu oleh suaminya, beliau memberikan pelajaran kepada para wanita meskipun tidak sedikit warga yang menentang apa yang dilakukan oleh R.A Kartini. Sampai saat ini apa yang diperoleh kaum wanita tidak pernah lepas dari perjuangan R.A Kartini, memperjuangkan persamaan hak dan kewajiban antara laki-laki dan perempuan.

Wah, saatnya kita berbangga hati karena emansipasi wanita telah terjadi dalam dunia ini, khususnya di Indonesia. Dan kami KOPI ( Komunitas Pemuda Imajinatif ) yang ikut bangga dengan terjadinya emansipasi wanita yang terjadi sekarang ini. Idealnya kita sebagai warga Negara yang baik seharusnya menghargai jasa para pahlawan yang telah berjasa terhadap Negara ini, tak lain adalah Ibu Kartini yang merupakan seorang pahlawan dalam memperjuangkan emansipasi wanita.

Yapz., Sebaiknya pada tanggal 21 April ini, kita memperingati hari Kartini sebagai perwujudan pengharggan jasa yang telah diberikan oleh ibu Kartini. Berdasarkan hasil kuisioner yang kami dapat ada salah seorang mahasiswi dari fakultas ekonomi yang mengatakan bahwa “ Memperingati hari Kartini sangatlah penting untuk mengenang jasa ibu Kartini dan dia pernah memperingati hari Kartini dengan cara memakai kebaya. Sedangkan salah seorang mahasiswa fakultas hokum mengatakan bahwa”seharusnya bukan hanya memeringati saja namun juga mengenang jasa-jasa beliau sekaligus merealisasikan dalam kehidupan saat ini,dan ia ikut dalam panduan suara sewaktu peringatan hari kartini tersebut”.

Berikut ini adalah pengetahuan Mahasiswa UTM terkait Hari Kartini.

Tanggal berapa hari Kartini diperingati?
  • 21 April 70%
  • 24 April 15%
  • 26 April 15%
Apa yang diperjuangkan R.A Kartini ?
  • Kemerdekaan RI 0%
  • Pahlawan Wanita 7%
  • Emansipasi wanita 93%
Pernahkah kamu memperingati hari Kartini ?
  • Pernah 60 %
  • Tidak pernah 40%

“ JANGAN LUPAKAN JASA PARA PAHLAWAN, KARENA BANGSA YANG BESAR ADALAH BANGSA YANG MENGHARGA JASA PARA PAHLAWANYA”


Celoteh:

Ada 1 celoteh untuk Kartini, Sosok Wanita Indonesia

Posting Komentar

redaksi kopi. Diberdayakan oleh Blogger.